Jumat, 04 Mei 2012

Menanam Cabe (Lahan)

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan dalam memulai menanam cabe yaitu pemilihan dan persiapan lahan. 

1. Pemilihan Lahan
Lahan yang baik untuk menanam cabe yaitu lahan dengan kondisi yang tidak curam. Pemilihan lahan seperti ini dimaksudkan agar unsur-unsur yang dibutuhkan tanaman cabe yang berasal dari pupuk, baik pupuk kandang maupun pupuk kimia tidak hanyut terbawa arus air.
Selain lahan dengan kondisi yang tidak curam, hal yang juga perlu diperhatikan yaitu lahan dengan sinar matahari yang cukup. Dengan sinar matahari yang cukup, maka proses fotosintesis pada tanaman cabe akan berlangsung dengan baik.
Hal lainnya yang perlu diperhatikan yaitu lahan dengan ketersediaan air yang cukup. Ketersediaan air sangat penting dalam menanam cabe ketika musim kemarau tiba.

2. Persiapan Lahan
Lahan yang baik untuk menanam cabe yaitu dengan kondisi tanah yang gembur. Oleh karena itu, hal pertama yang dilakukan dalam persiapan lahan yaitu menggemburkan tanah. Proses ini dilakukan dengan mencangkul tanah dengan kedalaman sekitar 15-30 cm.
Setelah proses ini selesai, kemudian dilanjutkan dengan membuat parit. Parit ini dibuat dengan lebar kurang lebih 100-120 cm dan jarak antar parit yaitu kurang lebih 20-30 cm.
Kemudian proses selanjutnya yaitu pembuatan lubang-lubang untuk penanaman cabe. Lubang-lubang tersebut dibuat dengan jarak melebar kurang lebih 40-50 cm dan jarak memanjang 30-40 cm.
Sebelum proses penanam cabe dimulai, lahan lebih baik terlebih dahulu diberi pupuk kandang. Pemberian pupuk kandang ini akan lebih baik apabila telah selesai seminggu sebelum proses penanam dimulai. Banyaknya pupuk kandang yang diberikan yaitu sekitar 15 karung/ 1000 tanaman.
Sekitar 3 hari sebelum penanam dimulai, lahan diberi obat terlebih dahulu untuk mengantisipasi hama akar yang berasal dari pupuk kandang. Biasanya obat yang digunakan yaitu furadan. Dosis yang digunakan yaitu sekitar 1 sendok makan / 1 tanaman.
Setelah proses di atas selesai, maka lahan telah siap untuk digarap.

Selamat Mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar